Minggu, 28 Agustus 2011

Malam 1000 Bulan @2011

 
Malam 1000 Bulan Al Lail Al Qadr, Adalah malam Ijabah, malam dimana Jangkrik, nyamuk, lalat, tikus, dan setiap makhluk kecil dan besar menundukkan diri bermunajat kepada Allah SWT. Semua ingin menjadi satu kehendak, mensyukuri nikmat malam Lailatul Qadr.

Malam dimana setiap makhluk Allah SWT mengkoreksi dan melihat semua kekurangan, kelebihan, sifat sombong, sifat takkabur, sifat riya', dan lain2 menjadikan semua sifat itu tunduk dan tak berdaya. Do'a ijabah hanyalah seuntai doa kebaikan, yang disaksikan oleh 1000 malaikat, yang disaksikan oleh 1000 hewan, yang disaksikan oleh 1000 Jin dan makhluk tak tampak. Doa itu ijabah karena yang meng-amin-i adalah mereka makhluk Allah yang mengikuti Kodrat iradat-NYA.

Keindahan malam ini adalah semilir angin sepoi-sepoi, kenikmatannya adalah surga yang menghiasi muka bumi, jika semua ber-dzikir, sepi terasa yang dirasakan, tak ada Tuhan melainkan Allah SWT. Allah itu satu yang disebut dengan Banyak nama, Se-yogya-nya malam lailatul Qadr, terutama malam di bulan ramadhan ini, membuat hati kita selalu mensyukuri apapun Rejeki dari Allah SWT, menghilangkan iri hati, marah, dengki, saling mengkoreksi, melihat ke belakang dan melihat ke depan bagaimana hal ini dilakukan dengan keindahan dan kesabaran.

Melihat kebaikan, tabiat, sifat, sikap, apakah masih kanak-kanak ? atau kita menjadi manusia yang pemaaf, memberikan ruang kepada setiap manusia untuk saling mengkoreksi. Kadang manusia disalahkan tidak mau, di perbaiki 'ngeyel', nangis meraung-raung, berfikir pendek dan negative selalu. pernahkah dilihat bahwa ke-tidaksuka-an orang lain terhadap diri sendiri kadang adalah sebuah benih yang kita tanamkan ?
Maafkanlah diri kita, dan maafkanlah orang lain, kita belum tentu benar dan terbaik, tapi diri ini masih akan selalu ada kesempatan untuk menjadi benar dan menjadi baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitar kita.

malam ini semua bertahmid, menyebut nama mu ya Allah,....
indahnya, suara jangkrik itu, denging nyamuk yang pelan terdengar menyebut Asma MU

barokallah, semoga kita semua dinaungi keselamatan dan keberkahan termasuk bagi diri sahabat-sahabat yang mau bercermin dan memperbaiki kesalahan di masa lalu, demi masa depan....



Salam

1 komentar:

Isi nama anda sebelum posting comment ya ?