Selasa, 12 Juli 2011

::WEJANGAN::

'Wejangan' adalah pemberian petuah atau saran dari orang tua/sesepuh/Guru/atau seseorang yang telah mempunyai pengalaman baik dalam segi pengalaman hidup maupun pengalaman Spiritual.

Wejangan ini banyak segi, banyak faktor dan bisa dikategorikan hal yang jarang didapatkan oleh anak-anak muda jaman sekarang ini.
wejangan masih sering dilakukan walau secara singkat adalah ketika melakukan adat proses pernikahan, yakni pada saat sungkeman dengan para orang tua / sesepuh. Ada kala-nya juga wejangan ini diberikan di pondok pesantren atau sebuah perguruan, dimana pada jaman dahulu wejangan ini berupa saran, kritik dan memberitahukan arah tujuan kehidupan manusia. Agar manusia menjadi ter-arah dan menemukan kesejatiannya menjadi 'INSAN KAMIL'.

Cerita ini tentu dari beberapa pengalaman hidup. Tak sengaja ketika duduk seorang anak dan seorang Bapak, saling berbincang. Sang Bapak memberikan petuah.
Suk mben, yen nggolek bojo sing nastiti,ati-ati, ojo nggolek sing boros seneng njajan, mung nggoleko sing gemi, nastiti, ati-ati, ora sembrono, ngajeni wong lanang, iso netepi atine wong lanang dadi ora mbandingke kekuranganmu karo wong liyo, urip enak lan ora iku wes digarisno, kowe banjur usaha wae, susah seneng ditanggung wong loro, ojo nganti pas susah dadi bubrah, ojo nggolek calon sing mbujuki awakmu, pentingne jujur lan tawadhu',sing atine iso lerem, ora owah yen ndeleng wong lanang salah, kudu iso sumeleh, byar mlakune awakmu kuwi iso jejeg, kowe yo sing gemi, ojo boros, ojo mikir sesuk mangan opo,tapi mikiro tahun ngarep anakmu mangan opo. Yen iso sumingkir beboyo, ojo lali sing kuwoso, Gusti Allah maringi rejeki lan kesehatan, mbikak pandungo sak bendino, calon mu sisan kandanono, ojo ndungo mung kanggo uripe dhewe2, uripe wong akeh yo di dongakno, uripe dulur, uripe wong tuwo,moro tuwo podo diparingi kepenak.
Yen wes ngerti yo ujaren nang atimu, delengen koco, supoyo ora sumbung, calonmu sisan kandanono, manut angger omongane wong lanang, perkarane swargo nunut neroko yo iso katut.
laki rabi kuwi yo butuh bondho, bondho teko yo soko niyat. iling-ilingen mugo dadi pepadhang dalanmu le. "


beberapa hal yang seperti tersebut di atas adalah sebuah cerita, disana tak ada sakit hati, tak ada marah, iri, benci.
dalam hidup orang jawa hidup sak madya adalah sebuah seni kehidupan. Tidak demikian dengan jaman sekarang yang orang-orang muda nya malah sakit hati/iri/benci ketika diberitahu oleh orang tua. ketika pendapat orang tua salah, memberitahukan kepada beliau tidak bisa dengan marah/membentaknya. karena kondisi tersebut membawa hal yang membuat susah orang tua dan diri sendiri.
jika wejangan itu ada benarnya tentu sang anak harus sadar diri, kesalahan/kekurangan diri sendiri tak dapat dibuka oleh diri pribadi kecuali berGuru pada Sang Maha Tau. sedang jika diberitahu orang muda jaman sekarang seringkali tak mau tau, tak mau belajar, dan merasa paling benar.

Wejangan itu adalah sebuah pintu pengertian, jika menyikapinya dengan negatif pasti akan menanamkan api dalam sekam, jika melihatnya secara positif maka akan memberikan jalan terang bagi kehidupannya.


Semoga berguna.





0 komentar:

Posting Komentar

Isi nama anda sebelum posting comment ya ?